Selamat datang

Jadikanlah situs ini sebagai tempat untuk menemukan informasi yang mungkin anda butuhkan ^_^

Wednesday, December 17, 2014

Jobs Seeker: 5 Bahaya Mengikuti Job Fair atau Bursa Kerja



Jobs seeker : Job fair itu Bahaya!!


            So, kali ini gue bakalan nyeritain pengalaman gue pada saat datang ke bursa kerja atau bahasa kerennya Job Fair beberapa waktu yang lalu.
            Seperti yang kalian semua tau, gue itu baru aja lulus SMA, bisa di bilang gue itu Fresh Graduate gilu lah, nah dari pengalaman pertama gue ini akhirnya berakhir  pada satu kesimpulan bahwa Job Fair  itu Berbahaya, sangat berbahaya.

Apa aja sih bahayanya:


1.    Hal pertama yang mesti kalian waspadai adalah “Banyak wanita cantik :D dan pria tampan -_-”
Bursa Kerja, tentu jadi tempat paling Favorit buat mahasiswi yang baru lulus kuliah ataupun yang sedang nyari tempat buat magang, nah dari apa yang gue liat di lapangan #ceilahh ternyata banyak banget wanita yang persiapannya bener-bener total, mulai dari pakaian, sampe tata rias, semuanya terlihat Profesional (ga kaya gue yang lebih terlihat easy going hha) nah lebih bahayanya lagi persiapan mereka itu malah bikin mereka tambah cantik dan membuat peluang di terima kerja jadi lebih besar, lalu kenapa pria tampan juga bahaya? Bangun woy, di sebuah tempat ada wanita cantik dan pria tampan, itu artinya saingan kalian buat dapet gebetan akan semakin banyak dan sulit hha Bahaya banget kan?!

2.    Hal berbahaya lainya adalah “Perusahaan yang hadir jauh lebih banyak di bandingkan Resume dan CV yang di bawa.”
Nah ini juga bahaya banget, perusahaan yang datang ke sana bukan hanya satu atau sepuluh tapi puluhan bahkan ratusan, dan kebanyakan dari palamar yang datang kesana hanya membawa 3-7 saja, gue juga cuman bawa 4 doang, ini bisa jadi keuntungan atau bahkan kerugian buat kita, Keuntunganya adalah semakin banyak perusahaan yang persaingannya lebih sedikit, Kerugiannya, semakin banyak surat lamaran yang kita bawa akan membuat tas terlalu penuh dan membuat surat lainnya terlipat-lipat dan terlihat tidak rapi.

3.    “Seminar dan Sertifikat Gratisss”
Ada yang ga suka sama sesuatu yang berlabel Gratis? Gue rasa hampir setiap orang suka dengan hal-hal yang berbau gratis, lalu kenapa Seminar dan Sertifikat gratis itu bahaya? Waktu gue di job fair kemarin gue ikut 3 seminar (maklum Gratiss) dengan waktu tiap seminarnya adalah 1 jam jadi itu artinya gue menghabiskan waktu gue sebanyak tiga jam Cuma buat liat seminar dan saat seminar selesai, gue lihat surat lamaran udah pada numpuk di tiap booth perusahaan, dan itu bikin semangat gue down #sakitnya tuh disini #nunjuk perut, tapi lebih bahayanya lagi, beberapa puluh menit setelah seminar usai kalian bisa ambil 3 sertifikat Gratissss, 3 woy, 3, waktu kalian yang terbuang jadi ga sia-sia, dengan sertifikat ini kalian bisa memiliki nilai jual yang lebih tinggi, so, peluang kalian diterima bisa jauh lebih besar.

4.    “Ketemu teman-teman baru.”
Yang datang ke acara ini tuh bukan Cuma dari wilayah itu saja, tapi dari kota-kota lainpun banyak, bahkan sangat banyak, ini bisa jadi tempat yang tepat buat kalian supaya dapat teman baru dan dapat koneksi baru, bahayanya adalah mereka bisa ngasih kalian pengalaman-pengalaman mereka di dunia kerja, bisa jadi temen ngobrol yang asik, dan juga bisa bantu kalian buat dapetin kerja nantinya.

5.    “Ngebikin kalian lebih berpengalaman lagi”
Gue yakin semua orang setuju kalo hal ini sangat berbahaya, gimana enggak, job fair itu kegiatan yang bener-bener bikin kalian sadar bahwa persaingan dalam dunia kerja itu bener-bener ketat dan akan menjadi lebih sulit lagi tiap harinya, ini bakalan memicu kalian agar lebih giat lagi dalam bekerja dan lebih tegar lagi dalam  menjalani hidup “This is the real life”.

            Gue rasa cukup untuk kali ini, meskipun masih banyak banget hal-hal yang berbahaya lainya yang gue alamin di job fair, tapi tangan gue udah pegel banget, di pake ngetik mulu dari pagi ampe subuh gini. Tapi intinya adalah job fair itu bener-bener berbahaya, iya kan?! hhaha



2 comments:

Terimakasih telah menyempatkan waktunya untuk membaca dan mengunjungi blog sederhana ini.
Jangan lupa Untuk selalu memberikan Tanggapan setelah baca Artikelnya, dengan komentar yg sopan. :D